8 fakta menarik tentang kopi luwak yang perlu anda ketahui

Jika anda baru mendengar tentang kopi Luwak maka berikut adalah 10 fakta menarik tentang kopi Luwak yang perlu anda ketahui.

Kopi Luwak awalnya adalah kopi rakyat jelata

Kopi luwak sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Kala itu Para penjajah Belanda melarang buruh perkebunan kopi untuk mengolah kopi yang berasal dari pohon kopi. Karena larangan itu akhirnya buruh perkebunan kopi yang notabene adalah rakyat jelata terpaksa memunguti biji kopi sisa pembuangan Luwak yang berceceran di sekitar perkebunan untuk di buat minuman kopi. Setelah pihak Belanda mengetahui bahwa biji kopi dari kotoran Luwak memiliki rasa yang lezat barulah mereka mulai mengumpulkan biji kopi luwak dan bahkan menjualnya sebagai kopi premium.

kopi luwak

Kopi Luwak dulu di anggap Hoax oleh kebanyakan orang luar negeri

Jumlah kopi luwak yang terbatas dan banyaknya produk kopi luwak palsu membuat orang-orang di wilayah Amerika dan Eropa menganggap kopi Luwak adalah sebuah Hoax dan tidak nyata. Kopi luwak baru booming ketika Oprah Winfrey di tahun 2010 dalam acaranya mendemonstrasikan kopi Luwak. Sejak saat itu permintaan kopi luwak ke Amerika dan Eropa semakin meningkat.

Tingkat Produksi kopi luwak sangat sedikit

Karena produksi kopi Luwak sangat tergantung biji kopi yang di makan luwak maka tingkat produksinya sangat terbatas. Menurut data yang ada produksi kopi Luwak di seluruh dunia bahkan tidak mencapai 1 ton per tahunnya bahkan di prediksi hanya mencapai angka 500 kg per tahunnya.

Indonesia adalah Negara dengan tingkat produksi kopi Luwak terbanyak

Produksi kopi Luwak saat ini tersebar di Negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan Vietnam. Kita boleh bangga karena ternyata Indonesia merupakan Negara yang memproduksi kopi Luwak terbanyak di seluruh dunia. Produksi kopi Luwak di Indonesia mencapai 200 kg pertahunnya.

Kopi Luwak adalah kopi termahal di dunia

Keunikan kopi luwak serta keterbatasan jumlah produksinya membuat kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia saat ini. Fakta ini bahkan sudah tercatat di Guiness book of Records. Di Amerika kopi Luwak bisa mencapai harga 10 juta per kilonya. Harga yang lebih spektakular lagi di temukan di Inggris dimana secangkir kopi luwak di hargai sampai £70 atau setara dengan satu juta rupiah di outlet terbaru DSTRKT di Picadilly London.

Kopi Luwak menjaga keseimbangan ekosistem

Karena proses produksinya yang bersifat natural dengan memanfaatkan system pencernaan Luwak maka secara tidak langsung kita telah menjaga kelestarian habitat luwak dan ekosistem di sekitarnya. Pengembangan metode produksi dengan penangkaran luwak juga secara tidak langsung ikut melestarikan Luwak dan menjaganya dari kepunahan.

Kopi Luwak aman di minum oleh penderita maag

Kandungan kafein yang rendah di kopi luwak serta rendahnya tingkat keasaman kopi luwak membuat kopi ini aman di minum oleh penderita maag. Bahkan ada beberap orang yang secara ekstreem menggunakan hal ini untuk mengetes keaslian kopi luwak.

Kopi Luwak halal untuk di minum dan di perjualbelikan

MUI sudah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa Kopi Luwak halal untuk di minum dan di perjualbelikan asalkan biji kopi luwak telah melalui proses pencucian terlebih dahulu sebelum di olah menjadi biji kopi atau bubuk kopi siap saji.