Bagaimana cara memanggang biji kopi Luwak di rumah?

Cara Memanggang Biji Kopi Luwak

Anda ingin mencoba memanggang sendiri biji kopi Luwak yang sudah anda beli? Penjelasan mengenai cara memanggang biji kopi serta peralatan yang tersedia berikut ini pasti akan sangat berguna untuk anda.

Teknik memanggang biji kopi skala rumahan telah ada sejak jaman dahulu dan cara yang paling mudah dan murah adalah dengan menyangrainya menggunakan wajan dan kompor. Cara ini adalah cara tradisional dan semua orang pasti bisa melakukannya tanpa perlu membeli peralatan khusus memanggang biji kopi yang harganya bisa mencapai jutaan.

cara memanggang biji kopi luwak

Menggunakan wajan dan kompor anda tinggal memasukkan biji kopi yang sudah di jemur ke dalam wajan dan menyangrai biji kopi hingga mencapai tingkat kematangan yang anda inginkan. Pada awal proses sangrai gunakan ai yang agak besar untuk menghilangkan kadar air pada biji kopi dan kurangi besar api ketika biji kopi mulai berwarna kecoklatan. Biji kopi sudah matang jika warna bagian luar dan dalam sudah sama atau ketika terdengar retakan pada biji kopi. Biasanya aroma kopi akan tercium ketika kopi mulai matang. Proses tradisional ini biasanya memakan waktu 1 hingga 2 jam tergantung tingkat kekeringan dan jumlah biji kopi yang anda sangrai.

Karena memakan waktu yang lama lebih baik anda menyangrai biji kopi untuk pemakaian 4-7 hari sehingga anda dapat menghemat waktu dan tidak harus menyangrai biji kopi setiap kali anda mau minum kopi.

Seiring perkembangan waktu ide-ide kreatif mulai bermunculan dari para penikmat kopi. Beberapa orang memanfaatkan mesin pembuat popcorn untuk memanggang biji kopi dan terbukti bisa menghemat waktu pemanggangan. Dengan mesin pembuat popcorn anda bisa memanggang biji kopi hanya dalam hitungan 30 menit saja tergantung jumlah biji kopi yang anda masukkan. Harga mesin pembuat popcorn pun tidak begitu mahal sehingga cocok untuk di jadikan sebagai alternatif.

Cara memanggang biji kopi yang paling efisien adalah dengan menggunakan alat khusus pemanggang biji kopi. Harganya memang lumayan mahal tapi anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan waktu pemanggangan yang cukup singkat (maksimal 20 menit). Jenis mesin pemanggang biji kopi ini banyak dan harganya pun beragam. Pilihlah mesin yang sekiranya cukup untuk memenuhi kebutuhan memanggang biji kopi Luwak anda sehari-hari.

Ketika memanggang biji kopi Luwak ada baiknya anda memiliki contoh biji yang sudah di panggang dengan tingkat kematangan yang anda inginkan. Cukup dengan membandingkan warna antara biji kopi yang sedang di panggang dan contoh yang ada anda dapat dengan mudah melihat apakah biji kopi Luwak anda sudah cukup matang atau belum.

Jika anda masih pemula ada baiknya anda menggunakan teknik memanggang tradisional terlebih dahulu sebelum membeli alat khusus pemanggang biji kopi. Bagi anda yang memang memiliki keuangan mencukupi membeli alat pemanggang biji kopi tentunya merupakan pilihan yang terbaik. Mahalnya harga alat nantinya pasti akan terbayar ketika anda mendapatkan citarasa dan aroma terbaik dari kopi Luwak anda.

Leave a Reply