Efek Minum Kopi Berlebihan Setiap Hari

Efek minum kopi berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh

Efek minum kopi baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan akan berbahaya. Saat ini kopi memang sudah menjadi gaya hidup. Banyak kita lihat orang nongkrong di cafe sambil mengobrol, baca buku, didepan laptop, sambil di temani oleh secangkir kopi. Begitu juga dengan kehidupan kita dirumah dan di kantor, tidak lepas dari kopi.

efek minum kopi

Jika sebelumnya kita telah membaca bahwa minum kopi setiap hari baik untuk kesehatan, maka baru-baru ini ada penelitian yang di lakukan oleh para peneliti dari University of Western Australia menyebutkan bahwa minum kopi 5 cangkir sehari bahkan lebih beresiko buruk untuk kesehatan.

Disebutkan bahwa di dalam secangkir kopi yang kita minum terdapat kandungan zat yang bernama chlorogenic acid (CGA) yang jika dikonsumsi terlalu banyak oleh tubuh dapat mempengaruhi metabolisme lemak dan sel di dalam tubuh. Dan hal ini ternyata sangat berpengaruh terhadap bertambah nya berat badan resistensi insulin (daya tahan tubuh).

Kandungan CGA ini sebenarnya memiliki manfaat yang banyak oleh tubuh. Beberapa manfaat dari CGA adalah meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi lemak dalam tubuh dan mengurangi tekanan darah. Hal inilah penyebab kenapa salah satu khasiat kopi yang paling baik adalah dapat mencegah diabetes.

Konsumsi kopi yang paling baik setiap hari adalah 1-3 cangkir saja, jangan lebih dari itu, karena justru akan berisiko terhadap kesehatan anda. Saya sendiri setiap hari paling banyak hanya mengkonsumsi kopi luwak 1-2 cangkir sehari. Walaupun kopi luwak terkenal dengan kafein dan kadar asam yang rendah, tetap saja kalau berlebihan tidak baik untuk kesehatan 🙂

Semoga artikel mengenai efek minum kopi ini bisa menambah wawasan kita mengenai dunia kopi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply