Kampanye Anti Luwak Tangkar

Banyaknya Kondisi Penangkaran Luwak Yang Menyedihkan – Menjadi Kecaman Dunia

KOPI LUWAK yang dahulu dikenal sebagai kopi yang begitu istimewa, memiliki kualitas terbaik, kini namanya sudah mulai tercoreng karena banyaknya ulah para penangkar luwak yang terus menyiksa kehidupan binatang luwak di dalam kandang. Mereka berada dalam kondisi yang menyedihkan, hanya karena untuk menghasilkan secangkir kopi yang bernilai jutaan rupiah tersebut.

Beberapa waktu lalu, salah satu reporter dari BBC melakukan investigasi terhadap kehidupan hewan luwak di Indonesia. Mereka penasaran, bagaimana proses kopi termahal didunia ini. Di Inggris, kopi luwak dijual dengan harga hampir 1jt per cangkir. Mereka menawarkan bahwa kopi luwak yang mereka jual berasal dari luwak liar, namun wartawan BBC ini tidak percaya begitu saja, kemudian mereka melakukan investigasi di Indonesia.

Hasil dari investigasi yang mereka temukan adalah, mereka melihat banyak binatang luwak yang di tangkar dalam kondisi menyedihkan. Ada yang sakit, stress, dan juga terkena penyakit kulit. Hal ini kemudia dilaporkan ke situs mereka, yang kemudian di tayangkan di Yahoo News dan Google News. Salah satu organisasi pecinta hewan dunia (PETA) juga telah mempublikasikan masalah ini. Cukup menyedihkan memang. Hal ini membuat citra KOPI LUWAK INDONESIA semakin buruk. Hal ini disebabkan oleh banyaknya penangkaran luwak yang tidak bertanggung jawab.

Parahnya lagi, kini masyarakat Eropa dan USA telah memukul rata bahwa semua penjual kopi luwak telah melakukan hal yang sama. Padahal tidak! Masih banyak juga penjual kopi luwak yang memang benar-benar menjual kopi luwak liar yang diambil dari hutan. JPW Coffee adalah salah satunya. Kami adalah orang-orang yang turut serta mendukung kampanye anti kopi luwak tangkar.

Solusi dari problematika ini ada 2:

  1. Pemerintah mengeluarkan undang-undang anti penangkaran luwak
  2. Seluruh penangkar luwak memiliki kesadaran diri untuk melepaskan luwak-luwak yang telah mereka tangkap, dan mulailah menjual kopi luwak liar saja (sepertinya ini mustahil)

Untuk membantu menghapuskan PENANGKARAN LUWAK dari Indonesia, kami dari JPW Coffee akan mulai melakukan kampanye ANTI LUWAK TANGKAR, hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga existensi dari kopi luwak itu sendiri. Supaya citra kopi luwak tetap baik dimata dunia, dan tetap menjadi “The Most Expensive Coffee in the World“.

Halaman yang membahas tentang kekejaman penangkaran luwak yang diliput oleh PETA:

http://action.peta.org.uk/ea-action/action?ea.client.id=5&ea.campaign.id=22757&en_chan=fb&en_ref=12190420