Kopi Cappucino dan cara pembuatannya

Kopi Cappuccino adalah salah satu varian kopi yang di buat dari kopi espresso. Kopi ini berasal dari Italia. Penggemar kopi ini temasuk banyak terutama kalangan wanita yang kurang menyukai rasa pahit kopi karena rasanya yang manis dari campuran susu dan taburan coklat bubuk di atasnya.

 

Produk kopi instant Cappucino bahkan telah menjadi senjata utama beberapa perusahaan kopi instan besar di Indonesia. Rasa kopi Cappucino memang bisa masuk kesegala kalangan baik pria, wanita tua dan muda.

coffee cappuccino

Tahukah anda bagaimana proses pembuatan secangkir kopi ini? Kopi Cappuccino pada dasarnya terdiri dari 1/3 bagian kopi espresso, 1/3 bagian susu panas dan 1/3 bagian busa susu. Peralatan yang digunakan untuk membuat kopi ini cukup sederhana yaitu sebuah mesin pembuat kopi espresso, mesin pembuat busa susu dan pemanas untuk susu. Mesin espresso terkadang juga sudah di lengkapi dengan alat pembuat busa susu. Sebagai pemanis biasanya di atas busa susu di taburi coklat bubuk atau kayu manis bubuk.

 

Jika anda berencana membuka kafe kopi maka kopi Cappuccino adalah minuman yang wajib anda sertakan dalam daftar menu anda. Untuk membuat kopi Cappuccino yang enak anda bisa mencoba resep berikut ini.

 

Pertama-tama buatlah kopi espresso menggunakan mesin pembuat espresso dengan bubuk kopi halus andalan anda. Sebagai ide mungkin anda bisa mencoba kopi Luwak Indonesia karena sepertinya masih jarang di gunakan sebagai bahan pembuat kopi Cappuccino dan bisa anda jadikan sebagai menu andalan kafe anda. Buatlah kopi Luwak espresso dengan 15 gram bubuk kopi Luwak asli.

 

Selanjutnya anda perlu membuat busa dari susu dengan menggunakan mesin pembuat busa susu. Jangan lupa siapkan juga susu panas untuk di campurkan ke dalam espresso.

 

Langkah terakhir adalah masukkan kopi espresso yang sudah jadi ke dalam cangkir keramik yang bisa menahan panas sebanyak 1/3 bagian cangkir. Kemudian tuangkan susu cair panas sampai 2/3 cangkir. Langkah terakhir adalah dengan menyendok busa susu dari mesin pembuat busa dan meletakkannya di atas campuran espresso dan susu panas hingga memenuhi cangkir. Setelah itu kopi Cappuccino anda siap di sajikan.

 

Jangan lupa memberikan taburan coklat bubuk atau kayu manis bubuk di atas busa susu untuk menambah citarasa Cappuccino anda. Untuk mempercantik penampilan kopi cappuccino biasanya barista yang sudah berpengalaman menghias bagian atas kopi cappuccino dengan bentuk-bentuk yang indah. Keahlian tersebut bisa anda pelajari dan biasanya di kenal dengan sebutan seni Latte (latte art).

 

Seperti juga pembuatan makanan ataupun minuman anda juga perlu melatih keahlian anda membuat kopi Cappuccino supaya mendapatkan bentuk dan rasa yang pas dari campuran kopi Luwak espresso dan susu. Pastikan juga anda menggunakan bubuk kopi Luwak yang segar supaya pelanggan anda puas dengan kopi anda.

2 Comments:

  1. wedew mtaanb kang saya juga dapet waktu itu dari kakjol tapi lupa kopinya yang jenis apa tipsnya boleh juga kang dipraktekkin ngaduk kopi sekali adukan dalam waktu yang lama tapi kopiku kopi hitamm merek kapa*l api hehehehe

  2. saya mau buat kopi cappucino, gmn cara buatnya ya?

Leave a Reply