Kopi Luwak Indonesia, kopi dengan citarasa premium dan termahal di dunia

Kopi Luwak Indonesia Premium

Super mahal, itulah biasanya komentar pertama yang akan anda dengar mengenai kopi Luwak. Kopi legendaris dengan citarasa unik dan proses pembuatan yang unik ini sudah terkenal di seluruh dunia. Pernahkah anda mencobanya?

Harga kopi Luwak yang mahal memang biasanya menjadi faktor yang menghalangi orang kebanyakan untuk mencicipi kopi ini akan tetapi lain halnya untuk para penggila kopi. Tidak seperti orang kebanyakan, para penggila kopi rela mengeluarkan uangnya demi mendapatkan pengalaman menikmati citarasa kopi yang unik dan lezat. Untuk para penggila kopi, kopi Luwak yang berasal dari kotoran Luwak bukannya halangan untuk mereka mencicipi kopi ini terutama ketika kopi Luwak belum terkenal seperti saat ini. Buat mereka kopi Luwak justru merupakan tantangan karena selain sulit di dapat banyak sekali beredar kopi-kopi Luwak palsu di pasaran.

Kopi Luwak saat ini sudah tercatat di Guiness Book of Records sebagai kopi termahal di dunia. Tahukah anda bahwa satu cangkir kopi ini di luar negeri di hargai tidak kurang dari tiga ratus ribu rupiah. Di Inggris bahkan secangkir kopi Luwak asli di hargai hingga satu juta rupiah.

kopi luwak indonesia

Kenapa harga kopi Luwak bisa sangat mahal? Alasan utamanya adalah karena ketersedian kopi ini yang sangat terbatas dan tingginya kualitas biji kopi hasil seleksi natural oleh Luwak. Data terakhir menunjukkan bahwa di Indonesia produksi kopi Luwak di Indonesia hanya mencapai angka 200 kilogram per tahunnya. Angka ini tentunya akan naik seiring terkenalnya kopi Luwak dan semakin banyaknya perusahaan yang menjadi produsen kopi Luwak akan tetapi jumlahnya tetap tidak akan mencapai produksi jenis kopi lainnya. Terbatasnya angka produksi kopi Luwak di sebabkan bukan lain karena ketergantungan produsen kopi luwak terhadap Luwak itu sendiri. Jumlah Luwak yang sedikit menyebabkan produksi biji kopi Luwak pun menjadi sangat terbatas. Luwak sendiri hanya memilih biji kopi dengan tingkat kematangan yang sempurna dan kualitas biji kopi yang tinggi untuk di makan dan inilah yang menjadikan kopi luwak menjadi kopi premium dan memegang rekor termahal di dunia.

Seperti yang telah di sebutkan di atas, karena reputasinya saat ini banyak kopi-kopi luwak yang beredar di pasaran dan hal ini tidak cuma terjadi di Indonesia. Banyak sekali orang luar negeri yang tertipu dengan produk palsu dan berpendapat bahwa kenikmatan kopi Luwak hanyalah strategi marketing belaka akan tetapi setelah merasakan kopi Luwak yang asli mereka langsung berbalik memuji citarasa kopi Luwak setinggi langit.

Mungkin kita perlu berterima kasih kepada Oprah Winfrey karena berkat Oprah dan acaranya lah kopi Luwak menjadi terkenal beberapa tahun belakangan ini dan menjadi kopi premium yang di incar oleh orang-orang di Amerika dan Eropa. Sebagi warga Indonesia kita perlu bangga bahwa ternyata produk asli alam Indonesia di akui kualitasnya oleh dunia dan tugas kitalah untuk menjaga kualitasnya supaya kopi Luwak tetap di minati oleh semua penikmat kopi di seluruh dunia.