Kopi Luwak ternyata bagus untuk kesehatan lho!

Anda pasti sudah tahu mengenai kopi Luwak bukan? Kopi yang satu ini boleh di bilang menjadi salah satu ikon produk kopi dari Indonesia dan telah mengenalkan Indonesia ke ranah manca Negara. Selain terkenal karena harganya yang super mahal di luar negeri kopi ini juga terkenal akan kelezatannya.

kopi luwak

Walaupun cukup terkenal saat ini akan tetapi banyak orang ternyata masih enggan untuk mencicipi kopi ini karena berasal dari sisa pencernaan Luwak. Hal yang sebenarnya tidak perlu di takutkan karena sebelum di pasarkan kopi luwak telah melewati proses pencucian untuk menghilangkan bekas dari kotoran Luwak. Selain itu ternyata kopi Luwak bagus lho untuk kesehatan kita. Berikut adalah beberapa manfaat kopi Luwak untuk kesehatan kita:

1. Kopi Luwak dapat mencegah penyakit syaraf

Dengan meminum kopi Luwak dapat mencegah penyakit syaraf seperti Parkinson dan Alzheimer. Hal ini di karenakan kandungan antioksidan dan kafein yang terdapat di dalam kopi luwak. Antioksidan yang terkandung dalam kopi luwak dapat mencegah kerusakan sel yang biasanya menjadi penyebab penyakit Parkinson sedangkan kafein berkhasiat menghambat peradangan otak yang biasanya menjadi penyebab penyakit Alzheimer.

2. Kopi Luwak dapat melindungi kesehatan gigi kita

Kafein yang terdapat pada kopi selain dapat menghambat peradangan otak ternyata juga dapat melindungi kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan kafein dapat berfungsi sebagai anti-lengket dan anti-bakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

3. Kopi Luwak dapat menurunkan potensi serangan kanker mulut dan kanker payudara

Berdasarkan hasil penelitian yang di publikasikan di The Journal of Nutrition kopi ternyata mengandung senyawa phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Penelitian lebih lanjut menghasilkan fakta bahwa dengan meminum kopi kita dapat menurunkan potensi terkena kanker mulut dan kanker payudara. Khusus untuk kaum wanita yang mulai mencapai masa menopause di sarankan untuk meminum 4 cangkir kopi sehari untuk menurunkan potensi terkena kanker payudara.

4. Kopi Luwak dapat mencegah batu empedu

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata dapat mencegah terbentuknya batu empedu. Kafein mengandung Xanthine yang dapat mengurangi pembentukan lender di dalam kantung empedu yang menjadi penyebab pembentukan batu empedu.

5. Kopi Luwak dapat mengurangi potensi kanker kulit

Lagi-lagi kafein yang terkandun pada kopi terbukti berguna mencegah kanker. Selain kanker mulut dan kanker payudara ternyata kafein juga dapat membunuh sel-sel pra kanker sehingga dapat menurunkan potensi kanker kulit.

6. Kopi Luwak dapat mencegah penyakit Diabetes

Kopi dengan kadar kafein yang rendah seperti kopi Luwak ternyata dapat mencegah kita terkena penyakit Diabetes tipe II. Hal ini dikarenakan kandungan zat Asam klorogenik dalam kafein ternyata dapat mencegah resistansi insulin yang menjadi penyebab penyakit Diabetes.

7. Kopi Luwak dapat menghaluskan kulit

Hal ini memang belum terbukti secara ilmiah akan tetapi beberapa orang menyatakan bahwa kopi Luwak dapat membantu menghaluskan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa kulit mereka menjadi lebih halus setelah memakai kopi Luwak sebagai lulur mandi.

Nah, dengan manfaat kopi Luwak yang demikian banyak untuk kesehatan kita rasanya anda tidak perlu lagi ragu lagi untuk mengkonsumsi Kopi Luwak bukan?