Kopi Yang Berkualitas Baik Rasanya Asam? Belum Tentu!

Pagi ini saya baru membaca sebuah berita dari Okezone yang membahas tentang potensi kopi Indonesia di Luar Negeri yang memiliki nilai jual yang tinggi, artikel tersebut dibahas DISINI. Kopi Speciality jenis Arabika bisa dijual Rp.1.000.000 per kilo nya di luar negeri. Pada berita tersebut, ada satu statement yang agak menggelitik yang dilontarkan oleh Mahendra Kusuma pada acara Talk Show “Cup of Java”. Beliau menyebutkan bahwa kopi arabika yang baik harus memiliki rasa asam yang tinggi. Apakah benar seperti itu? Belum tentu!

kopi luwak

Pada dasarnya, kopi jenis Arabika memang memiliki kadar keasaman yang lebih tinggi dari jenis Robusta, yang terkenal dengan rasa nya yang lebih pahit. Mahendra menyebutkan bahwa kopi yang pahit adalah kopi yang berkualitas rendah, padahal tidak seperti itu. Kopi Robusta terkenal dengan pahitnya, karena memang karakternya seperti itu. Bukan berarti kopi tersebut berkualitas rendah.

Bicara tentang keasaman dari kopi Arabika, setiap daerah di Indonesia menghasilkan kopi dengan citarasa dan tingkat keasaman yang berbeda, dan itu tidak bisa menjadi tolak ukur dari kualitas kopi itu sendiri. Jika kita bicara kopi Arabika yang paling asam, kita bisa melihat pada Kopi Toraja, yang terkenal dengan tingkat keasaman yang tinggi. Kopi Aceh juga asam, tapi tidak seperti Toraja. Lalu apa kita bisa bicara bahwa Kopi Aceh lebih jelek kualitasnya dari Kopi Toraja? Tentu tidak! Kembali lagi ini kepada karakter umum kopi speciality dari masing-masing daerah.

Kalau kita hanya mengukur kualitas kopi dari tingkat keasaman, maka itu menurut saya merupakan pemahaman tentang kopi yang sangat rendah. Banyak faktor yang menentukan kualitas kopi yang baik. Secara umum kualitas kopi ditentukan mulai dari kualitas green bean, dan jika sudah diseduh, kualitas kopi di tentukan berdasarkan 4 bagian, yaitu: Flavor, Body, Acidity, dan Aroma.

Khusus untuk Kopi Luwak, kopi luwak ini terkenal dengan tingkat keasaman yang lebih rendah. Karena senyawa dalam kopi telah di fermentasi di dalam perut luwak sehingga kadar asam lebih rendah dan kemudian menjadi aman untuk penderita maag dan jantung. Kopi Luwak Asli saat ini tidak mudah untuk di dapatkan. Banyak saat ini penjual kopi luwak yang mencampur dengan kopi biasa, bahkan ada juga yang menjual kopi biasa namun disebut sebagai Kopi Luwak.

JPW Coffee adalah produsen Kopi Luwak Liar Asli dari Aceh Gayo, Indonesia. Kami menjual kopi luwak jenis Arabika. Untuk informasi produk lebih lanjut, anda bisa menghubungi kami di 02193221175.

Terimakasih