green bean coffee

Memilih Green Bean Untuk Keperluan Pribadi

Proses roasting (penyangraian) dan grinding (penggilingan) yang dilakukan sendiri di rumah bisa menjadi keasyikan sendiri. Anda akan memiliki kebebasan untuk menciptakan cita rasa kopi yang diinginkan. Jika anda memutuskan untuk melakukan roasting dan grinding sendiri pada kopi anda, maka anda perlu memilih green bean seperti apa yang harus dibeli. Green been merupakan biji kopi yang belum di-roast. Jika anda tinggal di wilayah yang memang dekat dengan produsen kopi maka anda bisa bertanya kepada mereka. Namun apabila anda harus membelinya secara online, maka perlu pertimbangan yang matang.

green bean coffee

Banyak produsen kopi atau pihak ketiga yang menjual kopi mereka secara online, apakah dalam bentuk green been, roasted beed,atau bahkan dalam bentuk bubuk kopi.  Anda perlu melihat website mereka secara lansung untuk mengetahui bagaimana metode transaksi mereka. Apakah mereka merupakan pihak ketiga yang tidak memiliki hubungan langsung dengan petani kopi, atau sebaliknya? Anda perlu membaca bagaimana mereka menilai kualitas kopi yang mereka juga. Apakah mereka memberikan deskripsi mengenai kopi hanya sekedar copy-paste dari sumber lain atau apakah memang benar menulis sendiri ulasan mereka? Penelitian singkat ini akan sangat membantu nantinya.

Anda juga perlu tahu kapan waktu panen kopi di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki waktu tanam dan panennya sendiri-sendiri. Mengetahui ini akan membantu untuk membeli green bean dengan kesegaran yang maksimal. Termasuk juga ketersediaan, karena bebarapa jenis kopi yang sangat terkenal akan sangat cepat terjual, apalagi jika jumlahnya sedikit. Salah satu cara terbaik adalah dengan menunggu kedatangan specialty coffee dari berbagai daerah.

Bila anda memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung green beans sebelum dibeli, maka aspek fisik green bean perlu diperhatikan. Ukuran green bean mestinya hampir seragam. Begitu juga dengan bentuk maupun warnanya. Ini nanti akan mempermudah proses roasting green bean. Biji kopi yang terasa rapuh ketika disentuh, mungkin saja telah mengalami pengeringan yang lama. Sebaliknya kalau terasa lunak, mungkin saja pengeringannya kurang sempurna. Green bean yang baik berada diantara keduanya, tidak terlalu rapuh dan tidak terlalu lunak.