Negara-negara yang terkenal sebagai produsen kopi

Ethiopia, Africa.

Ethiopia adalah salah satu dari enam negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara ini terkenal dengan kopi Arabika jenis Harrar, Idamo dan Yirgacheffe. Ethiopia juga di kenal sebagai tempat pertama penghasil kopi Arabika sejak tahun 1753. dari tempat inilah kemudian biji kopi Arabika menyebar ke seluruh pelosok dunia.

Negara Afrika lainnya yang menjadi produsen kopi Arabika adalah Tanzania, Zambia, Yemen, Zimbabwe dan Kenya sedangkan negara yang memproduksi kopi Robusta adalah Pantai Gading.

Amerika tengah dan Kepulauan Karibia.

Kedua wilayah ini terkenal sebagai tempat perkebunan tanaman kopi dan terkenal dengan produksi kopi Arabikanya. Salah satu jenis kopi Arabika yang terkenal dari wilayah ini adalah kopi Jamaican Blue Mountain dari Jamaika yang saat ini termasuk salah satu kopi Gourmet yang terkenal akan kelezatannya. Selain Jamaika, Guatemala juga terkenal dengan kopi Arabika Coban, Acetenango, Huehuetenango dan Antiguak Atitlan yang tumbuh di daerah pegunungan vulkanik di Guatemala.

Mexico dan Hawai, Amerika Utara.

Mexico merupakan penghasil kopi terbesar di wilayah ini dan terkenal dengan jenis kopi Pluma Coixtepec, Liquidambar dan Altura. Di Mexico perkebunan kopi berada baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Hawai yang memiliki sejumlah gunung vulkanik aktif juga merupakan wilayah penghasil kopi di Amerika Utara. Kopi Hawaian Kona bahkan di akui sebagai salah satu kopi Gourmet terbaik di dunia terutama jenis biji kopi Peaberrynya (biji kopi lanang).

Brazil dan Kolombia, Amerika Selatan.

Brazil merupakan negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan dan terkenal sejak abad ke-18. Jenis kopi yang popular dari negara ini adalah kopi Bourbon dan Bourbon Santos. Selain itu ada juga jenis Caturra, Mundo Novo dan Typica yang di perkebunan yang tersebar di beberapa negara bagian di Brazil.

Kolombia adalah negara kedua di Amerika Selatan yang terkenal akan kopinya. Beberapa jenis kopi yang terkenal dari negara ini adalah Supremo, Bogotá dan Medellin.

Indonesia dan India, Asia.

Indonesia adalah pengekspor kopi terbesar di dunia sejak jaman penjajahan Belanda. Indonesia saat ini memproduksi kopi Robusta di dataran rendah dan kopi Arabika di dataran tinggi pegunungan vulkaniknya. Sumatera, Sulawesi dan Jawa adalah wilayah utama penghasil kopi di Indonesia dan sudah terkenal dengan citarasanya yang khas. Produk terbaru yang saat ini sedang booming adalah kopi Luwak Indonesia yang berhasil mencetak rekor sebagai kopi termahal di dunia dan termasuk salahsatu kopi Gourmet premium. Filipina saat ini mulai mengikuti jejak Indonesia dengan memproduksi kopi Luwak.

India juga merupakan negara penghasil kopi terbesar di Asia walaupun masih jauh di banding Indonesia. Negara lain di Asia yang mulai terkenal sebagai penghasil kopi adalah Vietnam dan Thailand.

Leave a Reply