Perbedaan Selera Kopi Luwak di Asia dan Timur Tengah

Selama kurang lebih 3 tahun menjalankan bisnis kopi luwak, JPW Coffee telah belajar bagaimana menilai perbedaan selera konsumen di tiap negara. Kami telah memiliki customer di berbagai belahan negara di dunia, seperti USA, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Malaysia, dll.

pecinta kopi

Setelah kami pelajari, ternyata di setiap benua memiliki selera masing-masing terhadap kopi luwak. Berikut adalah beberapa perbedaan selera mereka:

I. ASIA

Para pecinta kopi di negara Asia yang maju seperti Jepang, Cina dan Korea Selatan, biasanya mereka lebih menyukai kopi luwak dengan citarasa sweet dan acidity yang kuat. Citarasa kopi seperti ini bisa diatur dengan cara roasting khusus dan menggunakan mesin roasting modern, walaupun karakter biji kopi tetaplah menjadi parameter utama dari citarasa kopi tersebut.

Untuk menciptakan citarasa dengan sweet dan acidity yang tinggi, biasa roaster melalukan proses sangrai dengan level medium. Pada level medium, biji kopi masih berwarna coklat muda seperti warna kayu natural atau warna coklat genteng.

Lain halnya lagi terhadap negara Asia seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Selera pencita kopi luwak khusus nya di Indonesia lebih menyukai karakter yang balance. Antara Acidity dan Bitter memiliki level yang seimbang. Untuk menciptakan karakter rasa yang seimbang, roaster biasanya menggunakan profil roasting dengan level medium to dark. Warna biji kopi lebih tua dari medium, dan biasanya kopi selesai di roasting setelah second crack.

II. TIMUR TENGAH

Pengalaman kami terhadap para pecinta kopi luwak dari Timur Tengah adalah biasanya mereka lebih menyukai kopi dengan karakter Bitter (pahit) yang lebih tinggi. Untuk mencapai level roasting dengan bitter yang tinggi, maka kopi akan dibuat dengan level roasting dark. Pada level roasting ini, biji kopi sudah mengeluarkan Oil (minyak) pada biji. Biji kopi terlihat mengkilat dengan warna coklat tua kehitaman.

Memang tidak semua konsumen kami dari Timur Tengah yang menyukai kopi dengan bitter yang tinggi, banyak juga yang menyukai karakter balance antara bitter dan acidity.

JPW Coffee sendiri telah membuat roasting profile khusus yang bisa masuk ke semua selera pecinta kopi luwak di seluruh dunia. Secara umum kami melakukan roasting kopi luwak dengan level medium to dark, dengan karakter yang balance antara acidity dan bitter. Roasting profile seperti ini lebih bisa diterima di semua negara.

Kami juga menerima pemesanan kopi luwak dengan roasting profile khusus sesuai permintaan konsumen hanya dengan minimum order 5kg. Kami menetapkan minimum order 5kg karena mesin roasting kami berkapasitas 5kg sekali roasting.

Jika Anda ingin merasakan kenikmatan kopi luwak berkualitas tinggi, anda bisa langsung menghubungi kami sekarang juga di nomor telepon: 0217821186 atau 02193221175.

Terimakasih