Pilih Kopi Luwak Arabica atau Robusta?

kopi luwak arabika robustaAnda mungkin sering mendengar mengenai kopi Luwak Arabica dan kopi Luwak Robusta dan bertanya-tanya manakah di antara kedua jenis kopi luwak Indonesia itu yang lebih enak. Sebagian besar orang akan menjawab jenis Arabica akan tetapi sesunguhnya semua itu tergantung dari selera penikmatnya. Untuk membandingkan kedua jenis kopi Luwak tersebut ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara kopi Arabica dan Robusta yang saat ini merupakan dua jenis biji kopi paling populer di dunia.

Jika anda adalah penikmat kopi sejati anda sudah seharusnya mengetahui perbedaan antara kedua kopi ini akan tetapi buat anda yang baru mencoba menjadi penikmat kopi tidak ada salahnya anda membaca artikel ini untuk mengetahui perbedaan keduanya untuk menambah pengetahuan anda.

Kopi Arabika merupakan kopi yang berasal dari semenanjung Arab yang tercermin dari nama yang di sandangnya. Saat ini kopi jenis ini banyak di tanam di daerah dataran tinggi dan daerah dengan iklim subtropis dan iklim khatulistiwa. Kosta Rika, Kenya, Ethiopia, Kolombia dan Indonesia adalah beberapa negara yang memproduksi jenis kopi ini. Pohon kopi Arabica termasuk sulit tumbuh dan membutuhkan perhatian yang lebih banyak di bandingkan jenis pohon kopi lainnya. Pohon kopi jenis ini sangat rentan terhadap hama dan penyakit serta terpengaruh oleh kondisi perubahan temperatur dan kondisi tanah. Saat memanennya pun harus di lakukan secara teliti dan di harus di petik secara manual. Beberapa faktor tersebut menyebabkan harga kopi Arabica menjadi mahal.

Kopi Arabica terkenal akan rasanya yang manis dengan aromanya yang kuat. Aroma kopi Arabica ketika di panggang persis seperti aroma buah atau madu.

Kopi Robusta di lain pihak sangat bertolak belakang dengan kopi Arabica. Pohon kopi Robusta di kenal lebih toleran terhadap kondisi iklim dan lebih tahan terhadap serangan penyakit dan hama. Kopi Robusta juga bisa di tanam di dataran rendah dengan suhu yang lebih hangat. Faktor-faktor di atas lah yang menyebabkan produksi kopi ini lebih banyak di bandingkan kopi Arabica. Harga kopi ini di pasaran pun lebih murah karena memang ongkos produksinya lebih murah.

Dari segi rasa kopi Robusta lebih pahit dan aromanya tidak seharum kopi Arabica. Bagi pecinta kopi yang mencari sensai aroma segar dan rasa yang lebih manis memang kopi Arabica adalah pilihan yang tepat akan tetapi kopi Robusta akan tetap menjadi favorit mereka yang memburu kandungan kafein di dalam kopi yang mereka minum. Jumlah kafein yang terkandung di dalam kopi Robusta telah terbukti dua kali lebih banyak di banding kandungan kafein di dalam kopi Arabica.

Nah sekarang tentukanlah jenis kopi Luwak pilihan anda dan cara terbaik adalah dengan membandingkan kedua rasa kopi tersebut dengan lidah anda. Anda bahkan bisa mencoba untuk mencampur kedua jenis kopi tersebut untuk sensasi rasa yang berbeda.