Proses Roasting Menentukan Karakter Rasa Kopi Luwak

Roasting Adalah Proses Yang Paling Menentukan Citarasa Kopi Luwak

Dalam dunia kopi, proses roasting adalah tahapan yang paling penting. Tahapan ini menentukan karaketer rasa dari KOPI LUWAK yang ingin kita munculkan. Banyak orang yang belum memahami ini, mereka meroasting dengan asal-asalan tanpa mempelajari karakter utama dari kopi luwak itu sendiri. Hal ini bisa mengakibatkan menurunnya kualitas kopi luwak yang kita jual.

roasting kopi

Karena proses roasting ini begitu penting, maka tidak heran jika harga mesin roasting kopi yang baik memiliki harga yang sangat mahal. Kita sebut saja merek PROBAT. Ibarat mobil, mesin roasting merek Probat adalah seperti mobil Ferari. Harga satu mesin roasting Probat yang berukuran 5kg bisa mencapai hampir 500jt. Gila buka? Ya memang terdengar tidak masuk akal. Namun jangan salah, dibalik harga yang mahal ini, ada kualitas yang dihasilkan. Membeli mesin roasting yang baik ibarat investasi. Memang terasa berat di awal, namun untuk jangka panjang ini adalah investasi yang sangat baik. Selain itu, mesin roasting yang bagus memiliki umur yang lebih dari 50 tahun, jika mesin tetap dirawat dengan baik.

Di Jakarta sudah mulai banyak orang yang menggunakan mesin roasting premium ini. Ada beberapa merek terkenal seperti PROBAT, DIEDRICH, TOPER, dll yang memiliki harga cukup mahal. Memang dunia kopi ini cukup unik. Siapa sangka proses menyeruput secangkir kopi nikmat ini harus melalui proses yang mahal. Banyak orang yang membanggakan metode roasting kopi luwak secara tradisional menggunakan penggorengan. Hal ini tentunya tidak akan menghasilkan kualitas roasting yang stabil, dan hasil roasting pun tidak akan merata.

Para produsen mesin roasting lokal pun kini sudah mulai bermunculan. Salah satu yang rajin melakukan promosi adalah mesin roasting buatan William Edison. Harganya cukup terjangkau, namun saya sendiri belum mengetahui bagaiman kualitas hasil roastingan dari mesin ini. Jika anda tertarik untuk mencoba, anda bisa searching di Google mengenai produk mesin roasting lokal ini.

JPW Coffee sendiri melakukan roasting dengan mesin TOPPER 5kg. Hal ini kami lakukan untuk menghasilkan kualitas roasting kopi luwak yang sempurna. Sehingga para customer kami dapat mencicipi KOPI LUWAK ASLI dengan aroma dan rasa yang maksimal.

Terimakasih