Rahasia kelezatan kopi Gourmet

Di Indonesia kita masih jarang mendengar istilah kopi Gourmet akan tetapi jika anda bepergian ke luar negeri terutama ke Amerika anda akan sering mendengar istilah ini. Kopi Gourmet berarti kopi premium yang telah di akui oleh para ahli kopi. Kopi yang masuk golongan kopi Gourmet biasanya adalah kopi kualitas nomer satu dan di jual dengan harga yang mahal termasuk di antaranya kopi Luwak Indonesia, kopi Hawaiian Kona, Kopi Jamaica Blue Mountain dan sebagainya.

Kopi Gourmet terkenal akan kelezatannya karena di pilih dari biji kopi yang terbaik. Biasanya kopi-kopi jenis ini berasal dari wilayah pegunungan dimana tanahnya sangat subur karena abu vulkanik. Perawatan yang baik dan pemilihan kualitas terbaik membuat kopi Gourmet di anggap sebagai rajanya kopi.

Kopi Gourmet merupakan lambang kebanggaan bagi orang yang meminumnya. Dahulu kopi ini hanya bisa di temukan di para ahli kopi akan tetapi sekarang sudah bisa di dapatkan di berbagai toko kopi, fake kopi bahkan Drive-tru khusus kopi. Selain menjadi kopi premium, kopi Gourmet juga sering di gunakan sebagai bingkisan atau oleh-oleh ketika Natal atau acara special lainnya. Di Amerika iklan dan pemasaran produk jenis ini sangat gencar di lakukan selama 20 tahun terakhir sehingga kopi Gourmet sudah sangat memasyarakat di sana.

Sebagian besar kalau tidak bisa di bilang hampir seluruh kopi Gourmet adalah kopi jenis Arabika yang hanya tumbuh di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Kopi Gourmet seperti yang sudah di sebutkan di atas memiliki banyak jenis tergantung dari asal biji kopinya. Tidak semua kopi Arabika dari Indonesia atau dari Jamaika termasuk kategori kopi Gourmet. Hanya biji kopi yang terbaik lah yang bisa di kategorikan sebagai kopi Gourmet. Kualitas terbaik dari biji kopi Gourmet biasanya di tunjukkan dengan besar biji kopi yang seragam, warna yang seragam dan kondisi biji kopi yang tidak ada cacat. Semua hal itulah yang menjadikan kopi-kopi Gourmet mendapat pengakuan sebagai kopi premium dengan rasa yang lezat.

Selain karena kualitas biji kopi, kopi Gourmet juga menjadi lezat karena proses pemanggangan dan pembuatannya yang tepat. Alasan kenapa kopi Gourmet hanya bisa di temukan di tempat-tempat tertentu adalah karena diperlukan keahlian yang terasah untuk dapat mengolah kopi Gourmet dengan baik dan menghasilkan citarasa yang lezat.

Kopi Luwak walaupun berasal dari biji kopi terbaik tidak akan terasa nikmat jika di panggang dengan suhu yang asal-asalan ataupun hanya di seduh dengan air yang suhunya tidak pas atau dengan teknik asal seduh.

Jika anda ingin merasakan kenikmatan kopi yang sesungguhnya cobalah mencari kafe yang terkenal dengan kopi Gourmetnya dan manjakan lidah anda dengan secangkir kopi Gourmet baik itu berupa kopi espresso ataupun cappuccino.

Comments are closed