Specialty Coffee, Apa itu?

Specialty Coffee, Kopi Terbaik

Specialty Coffee memang istimewa. Di dalam dunia kopi, terdapat beberapa tingkatan atau level dari kualitas kopi. Masing-masing level di tentukan berdasarkan bentuk green bean nya. Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas sedikit mengenai specialty coffee, yang merupakan level tertinggi dari kualitas kopi yang akan kita konsumsi.

speciality coffee

Specialty coffee adalah kumpulan green bean kopi pilihan yang dipilih masih dalam bentuk sempurna tanpa cacat. Bentuknya masih utuh, tanpa lobang, tanpa jamur, berwarna bersih dan cerah, dan memiliki bau yang harum. Pada saat panen kopi, para petani memetik semua buah kopi yang berada di kebun, yang kemudian buah tersebut di proses hingga menjadi green bean. Pada saat berubah menjadi green bean, kita akan menyaksikan banyak sekali green bean yang rusak. Green bean yang rusak tersebut dipisahkan untuk dijual kembali dengan harga yang sangat murah. Pengguna green bean grade rendah biasanya produsen kopi instant yang telah terkenal, karena tidak mungkin menggunakan green bean jenis specialty coffee, karena harga tidak akan bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Specialty coffee memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada kopi grade rendah. Untuk specialty coffee dari Aceh Gayo saja, kita bisa mendapatkan green bean kelas specialty dengan harga kurang lebih di sekitar 90rb-120rb/kg. Harga ini jauh lebih mahal dibanding kan green bean grade rendah yang hanya dihargai 5rb-10rb/kg.

Bagaimana dengan kopi luwak?

Kopi luwak sebenarnya masuk ke dalam kelas speciality coffee. Karena kopi luwak hanya berasal dari green bean yang terbaik, yang telah dipilih oleh luwak secara alami melalui indera penciuman nya yang tajam. Buah kopi terbaik melalui proses pencernaan luwak, dan kemudian terjadi fermentasi. Hal inilah yang membuat kopi luwak rasanya menjadi nikmat. Rasa asam dan kafein yang berkurang membuat kopi luwak ini aman bagi penderita maag dan jantung.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi dengan kualitas terbaik didunia. Kopi Indonesia banyak dijadikan bahan campuran capucino, coffee blend dari cafe-cafe besar dunia. Saat ini specialty coffee yang paling banyak diminati adalah Kopi Aceh Gayo. Saat ini Kopi Aceh mendominasi ekspor kopi Indonesia hingga 60% ke seluruh dunia.

JPW Coffee menjual kopi luwak asli dan murni dari Aceh Gayo, dengan kualitas premium. Kami juga menjual kopi luwak peaberry dengan stok yang sangat terbatas.

Untuk anda yang ingin mendapatkan kopi luwak asli, atau anda butuh specialty coffee Indonesia, JPW Coffee siap menjadi supplier kopi anda. Hubungi kami sekarang juga untuk pemesanan.