Specialty Coffee Indonesia

Specialty Coffee Indonesia kini hadir di JPW Coffee

Apa itu specialty coffee Indonesia? Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki artian “KOPI SPECIAL”. Penamaan Special disini karena memang specialty coffee ini memiliki kualitas yang special, proses pengolahan kopi dari hulu ke hilir menggunakan cara yang special.

Specialty Coffee berasal dari biji-biji kopi pilihan yang di sorting secara manual untuk mengumpulkan hanya biji-biji kopi terbaik. Mulai dari proses penanaman kopi dengan cara organik, proses pencucian dan pengeringan, hingga pensortingan green bean yang benar-benar terbaik.

Green bean disorting hanya yang benar-benar memenuhi standart kualifikasi tertentu, misalnya:

  1. Dipilih dari biji kopi yang sudah benar-benar matang
  2. Ukuran green bean minimal 7mm
  3. Green bean yang masih baik, tanpa hole (lubang), atau rusak karena bekas gigitan serangga
  4. Proses pencucian dan pengeringan dengan cara yang tepat

Specialty Coffee merupakan Single origin coffee, yaitu seluruh biji kopi hanya berasal dari satu daerah tertentu saja. Misalnya Single Origin Coffee dari Aceh Gayo, Sidikalang, Lintong, Toraja, Kintamani, Wamena, dll.

Setiap Single Origin memiliki karakteristik rasa dan aroma yang berbeda-beda. Kita tidak bisa menyebut bahwa kopi dari daerah Aceh lebih baik dari daerah Jawa, karena memang semua sudah ada karakteristik masing-masing. Semua dikembalikan kepada selera anda masing-masing.

Specialty Coffee Grade A yang terbaik, memiliki aroma dan rasa yang hampir menyamai Kopi Luwak. Oleh karena itu, memang terakadang untuk orang awam akan sedikit sulit membedakan Specialty Coffee Grade A dengan Kopi Luwak Asli. Jika anda adalah penikmat kopi, barulah anda bisa membedakan. Hanya sedikit ciri kopi luwak yang bisa membedakan dari Specialty Coffee, dan memang agak sulit dijelaskan dengan kata-kata, semua hanya bisa dirasakan.