Tips Memilih Kopi Luwak Asli dan Berkualitas

Beberapa Tips memilih kopi luwak asli.

Pada kesempatan ini kami akan sharing tips memilih kopi luwak asli. Tingginya tingkat permintaan kopi Luwak di pasaran membuat banyak munculnya produk kopi Luwak. Oknum-oknum yang bermaksud meraup untung besar dengan menjual popularitas kopi Luwak tentunya akan merugikan penggemar kopi Luwak dan calon penikmat kopi Luwak. Oleh karena itu perlu rasanya kami memberikan panduan serta beberapa tips untuk mengenali dan memilih kopi Luwak asli dan berkualitas.

tips memilih kopi luwak asli

Membedakan kopi luwak asli atau tidak tentunya akan sangat mudah jika anda melihatnya ketika masih bercampur dengan kotoran Luwak akan tetapi hal ini akan menjadi sulit ketika kopi Luwak sudah menjadi biji kopi siap di sangrai atau kopi luwak bubuk.

Beberapa orang penggemar kopi Luwak memilih untuk membeli biji kopi Luwak yang belum di sangrai untuk menjaga citarasa kopi Luwak dan mempermudah mereka untuk mengenali apakah biji kopi tersebut adalah biji kopi luwak asli atau palsu. Biji kopi luwak yang belum di sangrai atau biasa disebut “biji kopi hijau (green beans)” memiliki karakteristik khusus yang mudah untuk di kenali.

Biji kopi Luwak yang belum di sangrai memiliki bentuk yang mulus tanpa cacat, tidak pecah dan tanpa noda hitam. Karena Luwak memiliki insting yang sangat baik untuk memilih biji kopi dengan kualitas terbaik untuk di makan maka biasanya biji kopi yang dimakan oleh Luwak memiliki bentuk yang sempurna. Jadi jika anda di tawarkan biji kopi luwak yang pecah-pecah dan banyak memiliki noda hitam anda perlu curiga mengenai keaslian biji kopi luwak tersebut.

Karakteristik lain dari biji kopi luwak yang belum di sangrai (green bean) adalah warnanya yang hampir sama yaitu hijau kekuning-kuningan dan aromanya yang harum. Warna kekuningan biji kopi luwak merupakan hasil dari proses fermentasi sempurna di dalam perut Luwak. Hal ini tidak akan anda lihat di biji kopi lainnya yan biasanya berwarna tidak sama, kehijauan dan aromanya tidak harum. Namun perlu juga diperhatikan, bahwa warna Green bean yang kekuning-kuningan juga merupakan pengaruh dari hasil Wet Proccesing yang dilakukan terhadap green bean.

Beberapa petunjuk di atas akan berguna jika anda membeli biji kopi luwak yang belum di sangrai akan tetapi akan berbeda jika anda mencoba mengenali keaslian kopi Luwak ketika sudah dalam bentuk kopi bubuk. Memang sulit akan tetapi tetap saja ada tips-tips yang bisa anda ikuti untuk memilih kopi Luwak bubuk yang asli dan berkualitasn antara lain:

Sebelum membeli produk kopi Luwak bubuk pastikan bahwa produk kopi luwak yang anda beli sudah mendapat sertifikat dari badan yang berwenang. Anda bisa menanyakan hal ini ke toko atau cari informasinya di Internet dengan mengunjungi website produsen produk kopi tersebut. Jika perusahaan tersebut sudah mendapatkan sertifikat tentang kualitas produk kopi Luwaknya maka anda boleh yakin bahwa kopi luwak yang anda beli adalah asli

Cara lain yang agak ekstreem dan tidak di anjurkan adalah dengan menguji kopi luwak yang beli dengan memberikannya ke teman anda yang menderita maag dan alergi kopi. Jika teman anda tidak kambuh maagnya setelah meminum kopi luwak yang anda berikan maka kopi luwak tersebut asli. Kandungan kafein dan asam pada kopi luwak lebih rendah dari kopi-kopi lainnya sehingga aman untuk penderita maag. Ingat bahwa cara ini tidak di anjurkan dan akan lebih baik jika anda memilih dengan cara sebelumnya.

Tips memilih kopi luwak asli di atas tidak menjamin anda tidak akan tertipu tapi jelas akan mengurangi resiko anda membeli kopi luwak palsu secara tidak sengaja.