Cupping Test Kopi Luwak

Cara melakukan cupping test kopi luwak yang benar

Beberapa tips cupping test kopi luwak. Salah satu hal tersulit dalam dunia kopi adalah mempelajari ilmu cupping test. Cupping test adalah cara untuk memberikan penilaian terhadap aroma dan rasa kopi yang sudah diseduh. Tahapan terakhir dari cupping test ini adalah kita bisa menentukan KARAKTER dari aroma dan rasa kopi kita.

 

kopi luwak

Dalam mempelajari cupping test, yang terpenting adalah pengalaman. Pengalaman cupping test akan memberitahu kita mana kopi yang berkualitas baik dan buruk. Kopi luwak yang baik adalah yang memiliki karakter tertentu, dimana kita bisa mendeskripsikan karakter tersebut dengan jelas, sehingga orang lain dapat membayangkan rasa dari kopi luwak tersebut.

Cupping test yang benar sudah tidak lagi bicara full body, balance, acidity, bitter, dll. Tapi sudah bicara karakter. Sebagai contoh seperti ini: Kopi luwak JPW Coffee memiliki karakter rasa campuran antara Vanilla, Kacang, dan Jeruk Nipis yang di konsumsi secara bersamaan. Tentunya anda dapat membayangkan bagaimana rasa dari Kopi luwak JPW Coffee bukan?

Tidak semua orang mampu mendifinisikan karakter dari secangkir kopi. Kita sebagai orang awam hanya bisa memberikan statement bahwa kopi luwak ini enak atau tidak enak. Dan itu sangat wajar sekali. Kebanyakan orang tidak bisa mendefinisikan enak nya kopi luwak ini seperti apa, kebanyakan dari mereka berkata: “Pokoknya enak aja!”.

Saya juga pernah mencicipi speciality kopi Lintong, kopi ini memiliki karakter yang unik, yaitu pedas diujung lidah dan rasa manis di seluruh rongga mulut. Pedas nya seperti pedas lombok dan manis gula merah. Jadi ketika ada gula merah dan lombok diaduk dan diminum, seperti itulah rasanya.

Setiap kopi di Indonesia memiliki karakter rasa yang berbeda-beda. Setiap daerah karakter kopi luwak nya pun berbeda. Jadi enak atau tidak nya kopi luwak bagi orang awam itu adalah relatif, tergantung selera masing-masing.

Cara sederhana cupping test kopi luwak adalah melalui beberapa tahap berikut ini:

  1. Ketika kopi dalam keadaan panas, anda seruput sedikit kopi tersebut. Diamkan di dalam mulut anda sejenak, letakkan kopi di rongga atas mulut, rongga kanan kiri dan rongga dekat tenggorokan.
  2. Anda nanti akan merasakan karakter dari kopi tersebut. Anda bisa merasakan apakah kopi ini balance atau tidak. Anda juga akan merasakan apakah kopi ini full body (rasa kental) atau tidak.
  3. Telan kopi anda, kemudian anda minum air putih, anda rasakan apakah rasa kopinya naik kembali ke tenggorokan. Jika iya, berarti kopi luwak anda memiliki after taste yang bagus, orang biasa menyebutnya long after taste atau exellent after taste.

Lakukan cara diatas sesering mungkin. Cobalah beragam jenis kopi yang ada di Indonesia, sehingga lama-lama indera perasa anda akan terlatih untuk membedakan karakter dari sebuah kopi. Ini adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi. Saya sendiri sampai saat ini juga masih belajar bagaimana cara cupping test kopi luwak yang benar. Cupping test memiliki sensasi tersendiri untuk saya, dan saya sangat menikmati itu 🙂

Semoga informasi cupping test kopi luwak ini bermanfaat untuk anda!

 

Terimakasih