Pemburu Hewan Luwak

Pemburu Hewan Luwak Mengancam Populasi Luwak

Pemburu hewan luwak kini semakin banyak. Luwak diburu bukan karena ingin dimakan dagingnya, namun luwak ini nantinya akan dijual kepada para penjual kopi luwak. Luwak kini menjadi binatang yang sangat berharga. Hal ini karena kemampuan luwak merubah kopi biasa menjadi kopi termahal didunia yang harga jual nya bisa mencapai 1jt rupiah per cangkir di luar negeri.

pemburu hewan luwak

Kopi termahal tersebut dinamakan kopi luwak. Buah kopi awalnya di makan oleh luwak, dan kemudian masuk ke dalam pencernaan luwak. Binatang luwak memiliki pencernaan yang lemah, sehingga tidak mampu menghancurkan makanan yang keras. Hal ini menyebabkan biji kopi masih utuh, keluar bersama feses luwak dalam bentuk sempurna. Feces kemudian dibersihkan dan biji kopi tersebut dicuci dan dikeringkan, hingga di proses menjadi green bean kopi luwak yang siap di jual di pasaran.

Pemburu hewan luwak setiap hari masuk ke hutan untuk mencari luwak. Mereka juga sering memasang perangkap untuk mempermudah penangkapan luwak tersebut. Semakin banyaknya luwak yang diburu semakin membuat keberadaan luwak ini berkurang. Semakin banyaknya penjual kopi luwak tangkar membuat para pemburu ini semakin banyak dan intesif untuk mendapatkan luwak dari hutan.

Saat ini harga jual satu ekor luwak dewasa berkisar antara Rp.300.000 – Rp.500.000 per ekor. Rata-rata setiap penangkaran luwak memiliki paling sedikit 25 ekor luwak. Berdasarkan pengalaman kami, karena banyaknya para penangkar luwak yang tidak memperhatikan kesehatan luwak itu sendiri, rata-rata binatang luwak dari para penangkar tersebut mati sekitar 1-2 ekor setiap minggu nya. Luwak tersebut mati akibat stress dan sakit. Mereka stress karena dipaksa makan buah kopi setiap hari, sedangkan buah kopi itu sendiri bukanlah makanan utama luwak.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah haruslah lebih perduli terhadap keberlangsungan kehidupan dan populasi luwak. Pemerintah harus segera mengambil langkah perlindungan terhadap luwak, karena jika tidak lama kelamaan populasi luwak akan punah, sehingga menyebabkan kopi luwak sebagai komoditas asli Indonesia ini akan ikut punah juga. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu mengurangi tingkat pemburu hewan luwak, sehingga Kopi Luwak Liar tetap terjaga dan kehidupan hewan luwak tetap aman.