Kopi Luwak Arabika

Kopi Luwak Arabika, Kopi Luwak Terbaik

Kopi Luwak Arabika memiliki level tertinggi. Jenis kopi yang pertama di budidayakan di Indonesia adalah jenis kopi arabika, kemudian diikuti oleh jenis Liberika, dan yang terakhir adalah robusta. Secara grade, memang kopi jenis Arabika memiliki grade tertinggi. Hal ini memang ditentukan oleh faktor biji kopi yang memiliki kualitas rasa dan aroma yang terbaik.

kopi luwak arabika

Kopi jenis Arabika hanya akan muncul pada perkebunan kopi yang berada pada ketinggian 1.000-2.100 meter diatas permukaan laut. Semakin tinggi lokasi perkebunan kopi, maka semakin baik pula jenis kopi yang dihasilkan nya. Jika kita melihat dari sejarah nya saja, maka kita sudah menilai, jenis kopi luwak yang terbaik pun adalah jenis kopi luwak arabika.

Hal ini yang menyebabkan JPW Coffee hanya menjual kopi luwak jenis Arabika. JPW Coffee telah mensurvey seluruh daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, dan akhirnya kami memutuskan untuk memilih daerah Aceh Gayo sebagai sumber kami. Kopi Luwak Arabika Aceh Gayo kami memiliki keitinggian diatas 2.100 meter dari permukaan laut, sehingga citarasa dan aroma biji kopi luwak JPW Coffee pun luar biasa. Anda bisa membuktikan nya sendiri.

Berikut adalah beberapa karakteristik dasar dari Kopi Luwak Arabika:

  1. Rendaman nya lebih kecil dari jenis kopi lain nya (18-20%)
  2. Bentuknya agak memanjang.
  3. Bidang cembung nya tidak terlalu tinggi.
  4. Lebih bercahaya dibandingkan jenis lainnya.
  5. Ujung biji lebih mengkilap, tetapi jika dikeringkan berlebihan akan terlihat retak atau pecah
  6. Celah tengah (center cut) di bagian datar (perut) tidak lurus memanjang ke bawah, tetapi berlekuk.
  7. Untuk biji yang sudah dipanggang (roasting), celah tengah terlihat putih.
  8. Untuk biji yang sudah diolah, kulit ari kadang-kadang masih menempel di celah atau parit biji kopi.

Jadi untuk anda yang benar-benar ingin menikmati aroma dan rasa kopi luwak Indonesia sejati, JPW Coffee lah tempat nya 🙂

Terimakasih

Semoga bermanfaat!