Kopi Luwak VS Kopi Gajah

KOPI LUWAK DAN KOPI GAJAH, Siapa juaranya?

Kemahsyuran kopi luwak kini sedikit terganggu dengan keberadaan jenis kopi baru yang sama-sama berasalah dari kotoran hewan, yaitu Kopi Gajah. Banyak yang beranggapan bahwa kopi gajah nanti akan menggantikan posisi kopi luwak sebagai kopi termahal dan paling favorit didunia. Namun, hal itu sepertinya masih menjadi wacana saja.

kopi luwak

Kopi luwak ada secara alami, tanpa paksaan. Luwak memang sangat menggemari kopi, setiap hari luwak selalu mengkonsumsi kopi untuk pencuci mulut mereka setelah makan buah-buahan lain seperti nangka, pepaya, jeruk, dan lain-lain. Beda hal nya dengan kopi gajah. Kopi bukan lah makanan gajah, namun hal ini di paksakan oleh manusia agar gajah tersebut mengkonsumsi biji kopi, yang kemudian kotoran nya diambil biji kopi yang tidak tercerna, dan kemudian di proses seperti kopi luwak.

Saat ini keberadaan kopi luwak hanya berada di Thailand. Kalau melihat proses nya yang tidak alami, sebenarnya Indonesia pun bisa memproduksi kopi Gajah, seperti di Lampung, banyak sekali gajah di sana yang juga bisa dipaksa mengkonsumsi kopi, dan kemudian biji nya di proses seperti kopi luwak. Saya sendiri belum bisa membayangkan seperti apa kualitas dari kopi gajah ini, mungkin memiliki keunikan tersendiri seperti hal nya dengan kopi luwak.

Kalau menurut saya pribadi, semua hal yang alami tetap lebih baik dari pada hal yang sifatnya paksaan manusia. Tuhan memang sudah mengatur sedemikian rupa mengapa luwak memang hobi mengkonsumsi kopi. Gajah makanan favorit nya adalah dedaunan dan rumput, pisang, dan buah-buahan.

Pada intinya kopi luwak dan kopi gajah mempunyai market nya sendiri-sendiri. Tidak ada yang lebih baik, semua sama-sama baik, sama-sama mahal, dan sama-sama unik.

Kalau ada yang punya kopi gajah, boleh dong kirim ke alamat kami hehehe… nanti saya barter dengan kopi luwak JPW Coffee 🙂

Salam kopi luwak asli!

One thought on “Kopi Luwak VS Kopi Gajah

  1. untung elephant coffee, if human coffee . jiahhhhhh. LOL just kidding, ty for your share information. WE are learning about coffee bussiness. We live ini banda aceh. Good Habah always…xixixixi ‘kabar baik selalu. 😉

Leave a Reply