Melihat Kualitas Kopi Luwak Melalui Green Bean

Cara Melihat Kualitas Kopi Luwak Melalui Green Bean

Kualitas kopi luwak dapat kita lihat melalui green bean nya. Menemukan kopi luwak yang benar-benar berkualitas bukanlah perkara yang mudah. Mungkin kita sebagai penjual sering ditawarkan sample kopi luwak dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Tidak semua nya memiliki kualitas yang baik. Kebanyakan diantaranya kualitasnya buruk.

kualitas kopi luwak

Salah satu cara menilai kualitas kopi luwak adalah melalui green bean nya.

Beberapa cara mudah untuk menilai kualitas kopi luwak melalui green bean:

  1. Bandingkan green bean kopi luwak dengan green bean kopi biasa. Green bean kopi luwak pasti memiliki perbedaan dari yang biasa. Jika baru pertama kali, anda mungkin akan sulit membedakan nya. Tapi melalui pengalaman, anda akan bisa melihat perbedaan nya.
  2. Cium melalui baunya. Green bean kopi luwak asli yang baik memiliki bau yang harum. Namun hal ini tidak selalu bisa menjadi patokan. Jika green bean tersebut dikonsumsi oleh luwak bulan, maka baunya tidak akan sewangi green bean yang berasal dari feses luwak pandan. Namun pada umum nya green bean kopi luwak beraroma wangi pandan, berbeda dengan green bean kopi biasa.
  3. Lihat keseragaman diameter green bean nya. Kopi luwak biasanya memiliki green bean dengan diameter yang seragam dengan kawan-kawan nya. Diameter green bean kopi luwak asli rata-rata lebih besar dari green bean kopi biasa. Hal ini terjadi karena luwak hanya mengkonsumsi dari biji kopi terbaik.
  4. Lihat warna green bean nya. Green bean kopi luwak memiliki warna hijau yang cerah dan segar. Kualitas biji kopi yang baik akan menghasilkan green bean yang segar dan cerah. Itulah kelebihan dari kopi luwak, semua green bean nya segar dan cerah.
  5. Kunyah green bean nya. Green bean kopi luwak yang baik jika anda kunyah akan mengeluarkan karakter awal rasa yang jelas. Sebagai contoh, Green bean kopi luwak JPW Coffee jika anda kunyah akan mengeluarkan rasa herbal, fruity, vanillla, dan manis yang jelas. Ini adalah karakter awal dari rasa kopi luwak yang akan kita minum nanti nya. Setelah di jadikan bubuk, karakter awal tersebut akan keluar, ditambah dengan karakter-karakter rasa baru yang muncul.
  6. Lihat green bean nya rusak atau mulus. Green bean kopi luwak tidak mungkin ada yang memiliki hole karena bekas serangga, tidak mungkin ada bentuk yang rusak. Green bean kopi luwak memiliki bentuk yang rapi dan mulus, tanpa cacat. Namun perlu anda perhatikan juga, bahwa green bean yang pecah atau retak tidak berarti itu jelek, bisa jadi retak ketika melalui proses penyaringan dan penumbukan gabah.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang bingung bagaimana menilai kualitas kopi luwak dengan kualitas Grade A. Melalui proses seleksi yang ketat, JPW Coffee hanya menjual kopi luwak asli berkualitas untuk anda. Segera order sekarang juga!