Fakta mengenai kafein di dalam kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling popular di dunia dan itu adalah fakta yang tidak bisa di pungkiri. Sebagian orang Amerika bahkan tidak bisa lepas dari kopi setiap harinya dan semua itu tidak lepas dari rasa kopi yang unik dan tentunya khasiat dari kafein.

Boleh jadi kafein lah yang manjadi faktor utama kenapa orang tergila-gila dengan kopi. Faktanya kafein lah yang menyebabkan kopi dapat memberikan efek segar pada tubuh anda setelah anda meminum kopi.

Pada dasarnya kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem syaraf tubuh kita. Kafein juga berpengaruh pada sistem pernafasan dan mengurangi efek keletihan pada otot. Karena itulah anda akan merasa segar dan kembali bersemangat setelah meminum secangkir kopi panas.

Variasi kopi dan kafein dapat menajamkan semua indera anda dan menenangkan syaraf anda setiap kali anda meminumnya. Jumlah kafein di dalam kopi bervariasi tergantung jenis biji kopi dan campuran kopi yang anda minum. Sebagai contoh, kopi espresso memiliki kadar kafein yang tinggi sehingga anda bisa mendapatkan kesegaran dan rasa yang lebih nendang.

Rasa kopi yang pahit juga di pengaruhi oleh kandungan kafein di dalamnya. Rasa pahit ini juga menjadi faktor penting yang membuat anda menjadi lebih segar. Akan tetapi terlalu banyak kopi dan kafein akan berakibat buruk untuk kesehatan anda. Oleh karena itu anda perlu membatasi konsumsi kopi anda dalam batas yang aman untuk kesehatan.

Buat anda yang sedang stress kopi dapat membantu anda meringankan rasa stress anda. Pada dasarnya kopi yang berkafein dapat berfungsi sebagai anti depresi dan membantu memperbaiki mood anda. Kafein di dalam kopi dan beberapa zat lainnya akan berperan sebagai anti depresi dan pengembali mood dengan cara berinteraksi dengan zat kimia dalam otak anda. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi angka bunuh diri karena depresi.

Seperti yang di sebutkan di atas kafein juga mempengaruhi sistem pernafasan manusia. Hal ini ternyata dapat di manfaatkan untuk mengurangi sesak nafas para penderita asma. Secangkir kopi panas dapat membantu membersihkan saluran pernafasan yang tertutup dan akan sangat membantu penderita asma di saat-saat darurat ketika mereka kehabisan inhaler atau sulit bernafas.

Kafein di dalam kopi juga bisa membantu menurunkan berat badan anda karena kafein terbukti meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit seperti kanker, Alzheimer, Diabetes tipe 2, Parkinson, dan plak pada gigi.

Ingatlah bahwa anda perlu memperhatikan dosis kafein yang anda konsumsi karena bisa menyebabkan kecanduan dan berakibat buruk untuk kesehatan. Buat anda yang sudah mulai kecanduan ada baiknya anda mulai beralih ke kopi non kafein atau di kenal dengan kopi decaf. Anda juga bisa beralih ke kopi dengan kadar kafein yang rendah seperti kopi Luwak Indonesia untuk mengurangi kecanduan anda. Harga kopi Luwak memang mahal akan tetapi harga tersebut tentu tidak ada artinya jika dapat memperbaiki kesehatan anda.

One thought on “Fakta mengenai kafein di dalam kopi

  1. Fungsi kniiotgf itu apa??sistem kardiovaskuler itu apa??di sini tertulis : Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, “kepala pusing” dan gangguan lainnya.tapi di artikel yang berbahagialah bagi penikmat kopi tertulis : Kafein mengurangi “derita sakit kepala”jadi, kopi bisa bikin pusing tapi juga bisa ngurangin sakit kepala..??mas, tambahin artikel cara ngurangin kecanduan kopi juga dunk.. *heheheh,, rikues.. 😀

Comments are closed.