Gempa Aceh dan Produksi Kopi Luwak

Gempa Aceh berefek terhadap Produksi Kopi Luwak

Gempa Aceh yang baru terjadi beberapa hari ini kembali mengguncang Indonesia. Bencana gempa kali ini telah meluluhlantahkan berbagai bangunan dan sektor Industri di Aceh, terutama daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah, pusat terjadinya gempa. Menurut info yang didapat, jumlah kerusakan rumah lebih dari 16.000 unit, dan jumlah pengungsi lebih dari 32.000 jiwa.

gempa aceh

Gempa ini secara tidak langsung juga mempengaruhi produksi kopi luwak Aceh Gayo. Bener Meriah terkenal sebagai salah satu daerah terbesar penghasil kopi luwak di Aceh. Daerah lain yang juga merupakan sentra produksi kopi luwak terbesar di Aceh adalah Takengon, tempat Kopi Luwak JPW Coffee berasal.

Gempa Aceh yang terjadi berkekuatan 6,2 skala richter. Guncangan nya sampai ke daerah Medan, dimana secara peta, Medan berada cukup jauh dari Aceh. Daerah Takengon sendiri tidak sedikit bangunan yang mengalami rusak parah akibat gempa ini. Alhamdulillah pabrik tempat produksi kopi luwak kami tidak mengalami kerusakan yang parah, sehingga masih bisa meneruskan proses produksi kopi luwak.

Presiden SBY dan beberapa menteri juga sudah mengunjungi daerah tempat terjadinya gempa. Presiden sudah memerintahkan pemerintah untuk segera membangun kembali seluruh bangunan yang rusak. Selain perumahan, lebih dari 600 fasilitas umum yang rusak parah seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Masjid, Kantor dan beberapa bangungan umum lain nya.

Saat ini para pengungsi akibat gempa berdiam di tenda-tenda yang dibangun oleh warga dan pemerintah setempat. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari gempa Aceh yang terjadi lagi kali ini. Kami turut berduka cita dan bersimpati terhadap para korban yang meninggal dunia dan para korban yang telah kehilangan harta bendanya.

Semoga dengan terjadinya Gempa Aceh kali, tidak membuat produksi kopi luwak di Bener Meriah menjadi turun drastis, dan mereka dapat segera memperbaiki infrastruktur agar dapat kembali memproduksi kopi luwak seperti semula.

Sebagai informasi, JPW Coffee menjual kopi luwak dari Takengon, daerah yang dekat dengan Bener Meriah. Kami menjual kopi luwak liar, diambil dari hutan, di proses dan dipilih hanya feces yang masih berbentuk sempurna, yang kemudian kami proses menjadi green bean export quality siap jual ke seluruh dunia.

Leave a Reply