Penghalusan Biji Kopi Menggunakan Coffee Grinding

Kelezatan secangkir kopi di pengaruhi oleh kualitas biji kopi, teknik pemanggangan, teknik menghaluskan biji kopi, dan teknik pembuatan kopi. Semua langkah tersebut sangat mempengaruhi rasa kopi yang anda minum. Ketika anda meminum jenis kopi yang sama dari tipe biji kopi yang sama di dua tempat yang berbeda belum tentu rasa yang anda dapatkan akan sama. Hal ini di sebabkan adanya perbedaan cara pemanggangan, penghalusan dan pembuatan kopi oleh masing-masing barista.

penghalusan biji kopi

Kali ini kita akan membahas mengenai penghalusan biji kopi yang sudah di panggang. Penghalusan biji kopi seperti biji kopi Luwak Indonesia merupakan langkah penting sebelum proses memasak bubuk kopi. Untuk menguasai teknik penghalusan biji kopi anda perlu mengetahui terlebih dahulu tingkatan kehalusan bubuk kopi.

  • Coarse. Biji kopi di haluskan secara kasar. Ukuran dari biji kopi yang di giling dengan teknik ini biasanya sebesar garam dapur kasar.
  • Medium. Biji kopi di haluskan hingga berukuran seperti pasir.
  • Fine. Biji kopi di haluskan hingga menyerupai kehalusan garam dapur.
  • Extra fine. Ukuran biji kopi yang di haluskan dengan teknik ini lebih halus dari garam dapur akan tetapi belum menjadi bubuk dan masih bisa di rasakan teksturnya ketika di sentuh.
  • Turkish. Biji kopi di haluskan hingga menjadi bubuk kopi halus. Tingkat kehalusan ini hanya bisa di capai dengan menggunakan mesin grinder dengan burr.

Mesin-mesin grinder yang ada di pasaran hanya sedikit yang bisa di atur untuk menghasilkan semua tingkatan kehalusan di atas apalagi untuk hasil yang seragam. Kalaupun ada harganya sudah pasti akan sangat mahal. Lamanya waktu penghalusan terkadang juga harus anda pelajari sendiri. Sebagai contoh, waktu penghalusan biji kopi Luwak Indonesia belum tentu sama dengan biji kopi Robusta biasa.

Tingkatan kehalusan di atas di perlukan untuk proses pembuatan minuman kopi dengan mesin pembuat kopi. Setiap mesin dan varian kopi membutuhkan tingkat kehalusan bubuk kopi yang berbeda-beda dan seorang barista harus tahu mengenai hal ini. Berikut adalah daftar mesin pembuat kopi beserta tingkat kehalusan bubuk kopi yang di perlukan.

  1. Mesin Drip coffee maker dengan filter datar : Medium
  2. Mesin Drip coffee dengan filter cone : Fine
  3. Mesin French press : Coarse
  4. Mesin Percolator : Coarse
  5. Mesin Espresso : Extra fine
  6. Mesin moka pot : Fine
  7. Mesin Vacuum pot : Coarse
  8. Mesin Ibrik : Turkish

Pastikan anda menghaluskan biji kopi sesuai dengan mesin yang akan anda gunakan untuk hasil yang maksimal. Anda tidak boleh menghaluskan biji kopi seperti kopi Luwak terlalu halus jika anda menggunakan mesin French Press karena pasti akan ada ampas kopi yang lolos dari saringan mesin dan nantinya akan mengganggu kenikmatan anda ketika sedang meminum kopi.