Tipe-tipe minuman kopi yang perlu anda ketahui

Di Indonesia kebanyakan orang meminum kopi dengan cara menyeduh bubuk kopi baik itu bubuk kopi asli maupun bubuk kopi instant dengan air panas tanpa proses penyaringan. Walaupun rasa kopi yang di dapat tetap enak akan tetapi bukan yang terbaik menurut para penikmat kopi.

Kopi hitam dan pahit yang panas biasanya menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia terutama kalangan menengah ke bawah karena harganya yang murah. Rasa kopi sebenarnya dapat berubah tergantung dari jenis biji kopi yang di gunakan dan terutama bagaimana kita memprosesnya menjadi minuman.

kopi luwak

Selain kopi hitam sebenarnya ada beberapa tipe minuman kopi seperti espresso, cappuccino, latte dan lain sebagainya. Beberapa tipe kopi pasti sudah familiar di telinga anda terutama bagi anda yang senang meminum kopi instan akan tetapi tahukah anda bagaimana sebenarnya ciri khas dari kopi-kopi tersebut? Perlu anda ketahui bahwa rasa kopi yang di olah manual di kafe-kafe sebenarnya jauh lebih enak dari kopi instan yang anda minum. Untuk pengetahuan anda berikut adalah tipe-tipe minuman kopi yang perlu anda ketahui dan sekelumit keterangan mengenai cirri khasnya masing-masing.

Espresso atau short black – kopi ini adalah kopi yang menjadi bahan utama beberapa kopi lainnya. Kopi espresso buat dengan cara menekan air panas ke bubuk kopi yang di letakkan di atas saringan halus. Air kopi yang mengalir dari saringan inilah yang biasanya di sebut sebagai kopi espresso. Kopi espresso di tandai dengan adanya lapisan krim tipis berwarna kuning kecoklatan di permukaan kopi.

Short Black – kopi espresso yang di sajikan dalam jumlah 30 ml saja dengan gelas kecil.

Long Black – kopi espresso yang di sajikan di cangkir atau gelas.

Latte – kopi espresso yang disajikan dengan susu panas.

Ristretto – kopi Espresso yang di sajikan dalam jumlah 15 ml saja. Biasa di temukan di kafe-kafe di Italia

Cappuccino – kopi espresso yang di beri susu kental berbusa di permukaan atasnya dan di taburi dengan bubuk coklat.

Macchiato – espresso dengan campuran susu yang berbusa. Jika sedikit susu di tuangkan ke dalam espresso maka di sebut Espresso Macchiato sedangkan jika espresso yang ditambahkan kedalam segelas susu maka di sebut Latte Macchiato.

Flat white – kopi espresso yang di campur dengan susu panas biasa tanpa busa.

Mocha – Kopi espresso yang di campur dengan coklat panas and susu.

Sekarang anda sudah tahu tipe-tipe minuman kopi yang ada akan tetapi tentunya pengetahuan ini tidak akan lengkap jika tidak di barengi dengan pengalaman mencicipi setiap jenis kopi tersebut. Dan lebih nikmat lagi jika kopi-kopi di atas di buat dari biji kopi pilihan dengan kualitas yang terbaik seperti kopi Luwak Indonesia. Jika selama ini anda menikmati kopi Luwak dengan cara menyeduhnya dengan air panas saja mungkin anda perlu merasakan rasa yang di hasilkan kopi Luwak jika di buat menjadi kopi espresso, cappuccino ataupun mocha.

One thought on “Tipe-tipe minuman kopi yang perlu anda ketahui

Leave a Reply