Tips Menyimpan Kopi Luwak

Beberapa Tips Menyimpan Kopi Luwak dengan Benar

Anda sudah tau cara menyimpan kopi luwak dengan benar? Menikmati kopi luwak ataupun kopi lainnya ketika aroma dan citarasanya masih bagus tentunya adalah harapan semua penikmat kopi. Masalahnya adalah tidak semua orang mengetahui cara mempertahankan kesegaran aroma dan citarasa kopi dengan benar dan sering salah menyimpan kopi dan dengan tidak sengaja menurunkan kualitas bubuk ataupun biji kopi yang akan di minum. Anda pasti akan merasa kecewa jika Kopi Luwak yang anda beli dengan harga mahal tiba-tiba kehilangan kesegarannya sebelum anda menghabiskan stok kopi luwak anda.

menyimpan kopi luwak

Beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai cara menyimpan kopi luwak untuk menjaga kesegaran kopi Luwak seiring berjalannya waktu adalah sebagai berikut:

  1. Kopi Luwak akan mulai kehilangan kesegarannya begitu selesai di sangrai dan hanya mempu mempertahankan kesegarannya dalam beberapa hari setelah di sangrai.
  2. Kopi Luwak bubuk paling bagus jika di minum satu minggu setelah biji kopi luwak di sangrai. Sedangkan untuk biji kopi luwak utuh yang sudah di sangrai harus segera diproses paling lama sebulan setelah di sangrai.

Selain di pengaruhi oleh faktor waktu, kopi luwak juga akan cepat semakin cepat kehilangan kesegarannya karena hal-hal berikut:

Udara

Sama seperti jika anda menyimpan snack di udara terbuka, kopi Luwak juga akan menjadi basi jika terlalu lama terkena udara.

Kelembapan

Kelembapan dan air akan menghilangkan tujuan dari penyangraian kopi luwak dan membuat kopi cepat basi

Cahaya dan Panas

Kedua hal ini dapat membuat kopi kehilangan aromanya sehingga kesegarannya cepat hilang.

Dari data-data di atas maka kita dapat dengan mudah mengetahui lokasi yang tepat unutk menyimpan kopi Luwak kita. Tempat-tempat yang dingin, gelap dan kering seperti lemari sangat cocok untuk tempat kita menyimpan kopi. Jangan pernah menaruh kopi anda di dalam kulkas atau freezer karena kondisi di dalamnya lembab dan hindari tempat-tempat yang terpapar langsung oleh sinar matahari atau terpengaruh oleh panas kompor atau oven.

Selain menyimpan kopi di tempat yang tepat anda juga perlu menyimpan kopi luwak anda di wadah yang tepat pula. Perlu di ingat bahwa setelah anda membuka kopi dari kemasannya anda harus langsung menyimpan kopi di dalam wadah tertutup. Gunakan wadah yang terbuat dari keramik atau gelas yang tidak transparan yang tertutup rapat jika anda akan menyimpan kopi anda di tempat terbuka. Jika anda menyimpannya di dalam lemari maka anda bisa memakai wadah yang terbuat dari bahan gelas atau plastik yang transparan selama wadah tersebut bisa di tutup rapat.

Jika saat ini anda merasa telah salah dalam menyimpan kopi luwak anda yang berharga maka sebaiknya anda segera mencari wadah yang tepat serta tempat yang tepat untuk menyimpan kopi Luwak anda. Selain hal-hal di atas usahakan anda membeli kopi Luwak yang baru di sangrai dalam jumlah yang sekiranya dapat anda habiskan dalam waktu satu minggu saja. Hal ini dapat mencegah anda membuang kopi Luwak anda karena telah kehilangan kesegarannya.

Demikian info cara menyimpan kopi luwak dengan benar. Semoga bermanfaat untuk anda.

2 thoughts on “Tips Menyimpan Kopi Luwak

  1. Dear JPW coffee

    Saya baru pelajari tentang kopi luwak.
    Saya masi bingung dengan cara penyimpanan kopi.

    1. Kopi Luwak akan mulai kehilangan kesegarannya begitu selesai di sangrai dan hanya mempu mempertahankan kesegarannya dalam beberapa hari setelah di sangrai.

    setelah di sangrai kesergarannya mulai pudar dan hilang dalam beberapa hari.
    Jadi kalo beli kopi dalam bentuk bubuk. Sipenjual baru sangrai lalu packing lalu kirim? n kopinya harus segera diminum habis supaya hasil dari kopi bisa maksimal?

    Ada ga cara lain supaya cust tetep bisa simpan kopi lebih lama tp rasa dari kopi tersebut lebih maksimal?

    Dan 1 lagi. untuk penyajian kopi luwak yang benar kan harus dengan mesin. supaya wangi buahnya keluar. apa ada cara lain untuk menyajikan kopi yang benar selain dengan mesin?

    terimakasih

    adi

    1. Halo pak, kalau mau simpan kopi luwak dengan awet, simpan di toples kedap udara, yg biasa dipakai untuk menyimpan asinan. Penyajian kopi luwak tidak harus dengan mesin, jika kopi luwaknya memang berkualitas, dengan cara tubruk pun aroma wanginya sudah keluar

Leave a Reply