Ciri-Ciri Kopi Luwak Asli Part II

Ingin Tau Ciri-Ciri Kopi Luwak Asli?

Pada kesempatan kali ini, JPW Coffee ini membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri kopi luwak asli, dimana sebelumnya pernah kami bahas disini:

http://kopiluwakindonesia.info/kopi-luwak-asli

Tidak mudah membedakan kopi luwak asli dan palsu jika sudah berupa bubuk, satu-satu nya jalan harus dengan cara cupping test, dan itupun hanya orang yang ahli kopi yang bisa membedakan nya, untuk orang awam, biasanya hanya akan mengucapkan: Kopi luwak lebih enak dari kopi biasa, bahkan untuk yang bukan penikmat kopi, mereka hanya akan berkata: “Kopi luwak tidak beda jauh dengan kopi biasa”.

ciri-ciri kopi luwak asli

Cara paling tepat untuk membedakan kopi luwak asli adalah melalui biji mentah nya atau Green bean kopi luwak. Ada beberapa ciri-ciri kopi luwak asli yang nampak dari green bean nya, berikut adalah beberapa tips untuk membedakan nya:

  1. Green bean kopi luwak asli lebih wangi, biasanya wangi pandan (jika dimakan oleh luwak pandan, bukan luwak bulan). Yang pasti ada perbedaan dari baunya. Anda bisa membandingkan nya dengan green bean kopi regular non luwak. Jika kita coba mencium lebih seksama, maka green bean kopi luwak asli akan ada terasa bau seperti kulit dan sedikit bau pesing (tidak terlalu terasa).
  2. Jika kita bandingkan secara bentuk fisik, green bean kopi luwak asli di permukaan biji nya akan tersisa kulit ari yang menempel, tidak bersih seperti green bean kopi biasa non luwak.
  3. Biasanya permukaan parit/belahan pada biji kopi lebih besar dari green bean kopi biasa non luwak, dan biasanya ada serat kulit ari yang tertinggal di belahan tengah/parit dari green bean kopi luwak asli.

Semoga informasi mengenai ciri-ciri kopi luwak asli ini bermanfaat untuk anda yang sedang bingung membedakan kopi luwak asli dan kopi luwak palsu :)

Terimakasih

Leave a Reply