hentikan kopi luwak tangkar

Stop Penangkaran Luwak Sekarang

Hentikan Penangkaran Luwak Demi Citra Kopi Luwak Yang Baik

Untuk kesekian kali nya, kami dari JPW Coffee terus mengkampanyekan anti penangkaran luwak. Hal ini kami lakukan demi mencegah turun nya citra kopi luwak di mata dunia. Kondisi seperti ini sangat memprihatinkan mengingat kopi luwak ini adalah salah satu aset dan sumber devisa negara yang harus di jaga dengan baik.

hentikan kopi luwak tangkar

Saat ini Eropa dan USA sedang banyak mengkampanyekan berita negatif tentang kopi luwak. Laporan investigasi dari BBC yang meliput tentang proses produksi kopi luwak Indonesia yang dinilai oleh mereka telah melakukan penyiksaan terhadap binatang luwak hanya untuk menghasilkan kopi luwak yang berharga jutaan rupiah itu.

Dalam liputan tersebut, mereka mengutus dua orang jurnalis yang menyamar sebagai pembeli kopi luwak. Mereka membuat kartu nama dan nama perusahaan palsu di kartu nama yang mereka cetak. Mereka kemudian mendatangi beberapa penangkaran luwak dan mendokumentasikan ke dalam video yang akhirnya kemudian di publish ke Situs News besar seperti Yahoo News, BBC News, dan Youtube. Mereka kemudian memukul rata bahwa semua penjual kopi luwak telah melakukan penyiksaan terhadap binatang luwak.

Hal tersebut tidak lah benar. Masih banyak kopi luwak liar yang dijual di Indonesia. Tidak semua pedagang luwak melakukan penangkaran luwak. Memang secara fakta, saat ini mungkin diatas 90% para penangkaran luwak telah melakukan penyiksaan terhadap binatang luwak, memang tidak secara langsung, namun mereka memperlakukan luwak dengan cara yang buruk. Misalnya mereka tidak memperhatikan pola makan luwak, tidak memperhatikan kebersihan kandang luwak, dan tidak memberikan kandang yang layak untuk binatang luwak tersebut.

Luwak setiap hari diberi makan buah kopi. Mereka dipaksa makan baik itu yang mentah maupun yang matang. Hal ini kemudian membuat pencernaan luwak menjadi rusak, yang pada akhirnya akan mengeluarkan darah bersama kotoran mereka, dimana itu pertanda bahwa binatang luwak tersebut akan segera mati. Selain itu banyak juga luwak yang menjadi buta (matanya putih), dan juga banyak luwak yang menderita sakit kulit. Kondisi ini tentu sangat menghkawatirkan, dan harus di cegah sedini mungkin.

Cara paling mungkin melakukan pencegahan terhadap penangkaran luwak adalah dengan bantuan pemerintah mengeluarkan undang-undang anti penangkaran luwak, atau kita sebagai konsumen kopi luwak mulai menghentikan pembelian Kopi Luwak Tangkar. Hal ini tentu nya sedikit banyak akan mengurangi para penangkar luwak yang tidak bertanggun jawab tersebut.

Terimakasih