Tips memilih mesin grinder biji kopi yang tepat

Menggiling atau menghaluskan biji kopi yang sudah di panggang (roasted beans) seperti biji kopi Luwak merupakan salah satu proses penting untuk menghasilkan citarasa kopi yang lezat. Untuk penikmat kopi sejati yang mengejar kesegaran rasa kopi olahannya, memiliki mesin ini adalah sebuah keharusan. Terutama buat anda yang ingin merasakan citarasa sejati kopi Luwak asli.

Perlu di catat bahwa saat ini mesin grinder kopi banyak sekali macamnya, mulai dari yang kecil, besar, murah dan mahal. Oleh  karena itu anda perlu memilih mesin grinder biji kopi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah mesin grinder kopi adalah sebagai berikut:

Jenis mesin

Secara garis besar mesin grinder terbagi menjadi dua yaitu mesin grinder yang menggunakan pisau dan mesin yang menggunakan burr. Mesin yang menggunakan pisau biasanya di jual lebih murah akan tetapi anda akan kesulitan untuk mengatur level kehalusan bubuk kopi anda.

Level kehalusan bubuk kopi

Kontrol terhadap tingkat kehalusan bubuk kopi biasanya di perlukan untuk kafe atau penikmat kopi yang suka membuat berbagai varian kopi dengan beberapa mesin pembuat kopi. Pilihlah mesin yang memiliki fitur pengaturan kehalusan bubuk kopi jika anda membutuhkannya akan tetapi jika anda hanya membutuhkan bubuk kopi untuk di seduh sepertinya mesin dengan fitur standar sudah cukup untuk anda.

Kapasitas mesin

Berapa biji kopi yang perlu anda haluskan dalam sekali waktu? Ini perlu menjadi bahan pertimbangan anda. Pilihlah mesin dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan anda supaya dapat menghemat waktu anda. Perhatikan juga pemakaian daya mesin yang akan anda beli dan sesuaikan dengan kemampuan daya listrik di rumah anda. Lebih baik anda menggiling dua kali dengan daya listrik yang kecil daripada anda memaksakan diri menggiling dalam sekali waktu akan tetapi dengan daya yang besar dan membahayakan rumah anda karena bisa mengakibatkan listrik di rumah anda anjlok karena penggunaan daya yang terlalu besar.

Wadah penampung

Perhatikan apakah mesin yang anda memiliki sudah memiliki wadah untuk menampung hasil penggilingan atau belum. Akan lebih efisien jika wadah sudah tersedia dalam satu paket. Jika tidak maka anda perlu menyiapkan wadah khusus.

Fitur auto-off

Fitur ini tidak terlalu penting untuk mesin dengan kapasitas kecil akan tetapi akan sangat menolong untuk mesin berkapasitas besar. Dengan adanya fitur ini anda bisa dengan santai meninggalkan mesin grinder menghaluskan biji kopi anda.

Nah selanjutnya anda tinggal membandingkan harga dan kualitas dari mesin grinder kopi yang anda butuhkan. Untuk penikmat kopi Luwak, mesin grinder dengan kapasitas kecil dan menggunakan pisau sepertinya sudah cukup untuk senjata menikmati kopi Luwak sehari-hari.