16 Fakta menarik mengenai kopi yang harus anda ketahui

Ini adalah 16 fakta menarik tentang kopi yang harus Anda ketahui:

  1. Efek kopi terhadap kesegaran tubuh pertama kali di temukan oleh pengembala kambing di Ethiopia. Mereka melihat kambing-kambing mereka jadi lebih lincah setelah memakan buah kopi.
  2. Pada jaman dahulu orang Afrika tidak mengolah kopi menjadi minuman akan tetapi di makan langsung bersama makanan lainnya.
  3. Perkembangan agama Islam berperan penting terhadap kepopuleran kopi. Islam melarang umatnya untuk meminum alcohol akan tetapi memperbolehkan umatnya meminum kopi.
  4. Walaupun Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah pengkonsumsi terbesar di dunia ternyata hanya ada satu negara bagian di sana yang memproduksi kopi yaitu Hawaii.
  5. Pada tahun 1675 raja Inggris pernah melarang toko kopi karena di curigai sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang berkonspirasi untuk menjatuhkannya.
  6. 70% kopi yang di konsumsi oleh orang-orang di dunia adalah kopi Arabika yang memiliki rasa lebih lembut dan memiliki aroma yang kuat. 30% lainnya meminum kopi Robusta yang memiliki rasa lebih pahit dan kandungan kafein yang lebih tinggi dari kopi Arabika.
  7. Pohon kopi bisa tumbuh hingga 9 meter akan tetapi biasanya di perkebunan pohon kopi di jaga agar hanya mencapai ketinggian maksimal 3 meter untuk memudahkan proses pemetikan biji kopi.
  8. Minuman kopi berasal dari biji buah kopi dan bukan buahnya.
  9. Kopi adalah komoditas nomer dua yang paling banyak di perdagangkan di pasar dunia. Kopi hanya kalah dari Minyak bumi.
  10. Penemu kopi instant adalah seorang berkebangsaan Belgia yang tinggal di Guatemala bernama George Washington. Kopi instan pertama kali di temukan pada tahun 1906.
  11. Espresso adalah varian minuman kopi yang paling terkenal di seluruh dunia. Beberapa orang sering salah mengira bahwa espresso adalah jenis biji kopi. Kopi espresso pada dasarnya adalah bahan utama pembuatan beberapa varian kopi terkenal lainnya seperti Macchiato dan Cappuccino.
  12. Istilah kopi Americano berasal dari para prajurit Amerika yang sering memesan kopi espresso dengan tambahan air untuk mengencerkan kopinya pada saat perang dunia kedua.
  13. Kopi mengandung kadar kafein yang jauh lebih tinggi di banding teh dan minuman jenis lainnya. Kafein inilah yang menjadi penyebab kenapa kopi bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih fokus.
  14. Kopi termahal saat ini adalah kopi Luwak Indonesia. Harga kopi Luwak di pasar Amerika bisa mencapai harga $600 per poundnya. Di Inggris bahkan ada sebuah kafe yang menjual secangkir kopi Luwak asli dengan harga yang sangat fantastis yaitu sejuta rupiah untuk satu cangkirnya.
  15. Indonesia selain sebagai penghasil kopi Luwak terbesar di dunia ternyata juga merupakan negara ketiga pengekspor kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam.
  16. Kopi murni dan berkualitas tidak membuat jantung berbebar dan maag

One thought on “16 Fakta menarik mengenai kopi yang harus anda ketahui

Comments are closed.