minum kopi

Berapa Batasan Konsumsi Kopi Setiap Hari?

Meminum kopi bukanlah sekedar kegiatan biasa. Meminum kopi menjadi bagian dari budaya di berbagai negara. Kopi, konon merupakan minum yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih dan teh. Di Indonesia sendiri, meminum kopi merupakan hal yang umum ditemukan sehari-hari. Baik itu dikala sendiri, sedang berkumpul bersama, bertamu, di rumah, atau di warung kopi. Aktifitas meminum kopimenjadi pemandangan biasa. Di sisi lain, sekalipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi memiliki efek positif, sebagian ahli tetap berkeyakinan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kafein yang terkandung di dalamnya.

minum kopi

Lalu menurut mereka, berapa sebaiknya batasan konsumsi kopi atau kafein setiap hari? Menurut beberapa ahli yang meneliti kopi, saran konsumsi kafein untuk orang dewasa sehat sebaiknya antara 200 hingga 300 miligram setiap hari atau sekitar 2 cangkir kopi setiap hari. Ini tidak akan menyebabkan masalah fisik. Lebih dari itu, karena kafein juga tidak hanya terkandung di dalam kopi, konsumsi makan dan minuman yang mengandung kopi juga harus dikurangi. Ini misalnya terdapat pada teh, soft drink, dan coklat. Apabila seseorang termasuk penderita insomnia, sedang hamil atau menyusui, memiliki hipertensi atau penyakit maag, sebaiknya untuk sementara menghindari minum kopi untuk sementara.

Namun demikian bukan berarti kopi kemudian menjadi minuman yang sama sekali dihindari. Penelitian-penelitian yang menunjukkan efek positif kopi atau kafein merupakan bukti bahwa kopi tidak perlu dihindari. Oleh karena itu pada dasarnya kegemaran minum kopi harus dibarengi dengan cara hidup yang sehat. Hal-hal ini termasuk seperti meminum air yang cukup, berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup.

Untuk saran yang lebih praktis, pastikan bahwa untuk setiap cangkir kopi yang diminum, seseorang perlu meminum 2 gelas air. Ini berguna untuk membantu sistem tubuh untuk mengganti apa yang dikeluarkan kafein. Selain itu, untuk setiap cangkir kopi yang diminum, seseorang perlu untuk bersantai selama minimal satu jam. Ini berguna agar tubuh menjadi lebih rileks secara alami.